Kamis, 02 Januari 2014

Lagi, Negara Bagian di Malaysia Menerapkan Hari libur pada Jumat dan Sabtu


Babussalam Kuzazo - Negara bagian Johor di Malaysia, seperti yang dimuat dalam inilah.com pagi ini (3/1/14), menerapkan libur akhir pekan pada hari Jumat dan Sabtu, untuk memudahkan warga Muslim melakukan ibadah shalat Jumat.


Dilaporkan masih dari situs yang sama, Wacana untuk libur pada hari Jumat dan Sabtu ini diumumkan Sultan Johor Ibrahim Ibni Almarhum Sultan Iskandar pada November lalu setelah mendapatkan masukan dari berbagai pihak.

Perubahan ini tidak menuai kritikan dari warga non-Muslim dan mereka yang berbisnis karena libur ini tidak berlaku bagi pihak swasta, demikian dikatakan Hu Pang Chaw, ketua perhimpunan pendukung Partai Islam Se-Malaysia, PAS, yang tinggal Ayer Hitam, Johor.

"Pada mulanya ada yang mengeluh, namun sekarang sudah memaklumi, bank-bank tetap libur Sabtu-Minggu dan bisnis mereka tidak ada masalah," kata Hu kepada BBC.

Perubahan libur yang mulai berlaku hari ini, Jumat (3/1/2014), diwajibkan pada semua kantor-kantor pemerintah namun tidak diwajibkan bagi sektor swasta.

Para pejabat mengatakan, kebijakan libur tersebut tidak akan mempengaruhi ekonomi di salah satu negara bagian terkaya di Malaysia itu karena perusahaan swasta dapat menentukan sendiri hari libur mereka. Namun, sejumlah kalangan di Malaysia mengkhawatirkan dampaknya terhadap investor asing.


Saat ini, negara bagian di Malaysia yang menerapkan libur pada hari Jumat dan Sabtu adalah Kedah, Kelantan, dan Trengganu.

Indonesia kapan menyusul yak? :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar