Rabu, 17 Desember 2014

18 Desember, Hari Bahasa Arab Sedunia



Hari ini, 18 desember adalah hari Bahasa Arab Sedunia. Jarang yang tahu ini, bahkan mungkin memang tidak ada yang mengetahui ini. Ya. Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB, yang dalam bahasa inggris disebut dengan UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) menetapkan 18 desember sebagai hari bahasa Arab sedunia.


Penetapan itu hasil inisiatif dua negara anggota UNESCO; Maroko dan Saudi Arabia guna menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa resmi yang digunakan dan diakui oleh dunia internasional.

Karena bagaimanapun Bahasa Arab punya peran besar dalam kemajuan peradaban dunia modern sekarang ini. Terbukti bahwa banyak ilmuan ilmuan yang memberikan sumbangan pada dan banyak diikuti pemikiran dan hasil penemuannya itu ilmuan muslim, dan mereka menggunakan bahasa Arab untuk karya-karya mereka . (Baca buku: 1001 inventions. Muslim heritage in our world) atau (buku: sumbangan peradaban Islam untuk dunia)

Bahasa Arab ialah bahasa yang telah digunakan oleh lebih dari 422 juta jiwa didunia ini sebagai bahasa percakapan mereka. Dan menjadi bahasa resmi nasional bagi kebanyakan negara-negara yang berada di kawasan Timur-Tengah dan Afrika Utara.

Kenapa tanggal 18 Desember ?

Karena pada tanggal 18 Desember 1973, Bahasa Arab resmi terdaftar dan menjadi bahasa internasional oleh UNESCO. Dengan demikian Bahasa Arab adalah Bahasa ke – 6 dalam urutan bahasa internasional UNESCO dari 22 bahasa negara lainnya.

Sebagai informasi, UNESCO sebelumnya telah mengumumkan tangal-tanggal yang dijadikan hari peringatan untuk beberapa bahasa internasional yang diakui UNESCO: French (March 20), English (April 23), Russian (June 6), Spanish (October 12), Chinese (November 13) and Arabic (December 18).

Yuk,, belajar Bahasa Arab!




Disalin dari:
http://luar-negeri.kompasiana.com/2012/12/18/18-desember-hari-bahasa-arab-se-dunia-517823.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar