Rabu, 07 Agustus 2013

Akhirnya, Kemenag Tetapkan 1 Syawal 1434 Jatuh Pada Hari Kamis 8 Agustus 2013

Pemerintah melalui Menteri Agama Suryadharma Ali menetapkan 1 Syawal 1434H jatuh pada hari Kamis, 8 Agustus 2013M. Penetapan ini dikeluarkan dalam sidang itsbat penetapan awal syawal 1434H, setelah menerima laporan hasil rukyat Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama yang disebar di 60 titik di seluruh Indonesia.
Melanjutkan apa yang ditulis di situs resmi pemerintah, www.kemenag.go.id, sidang Isbat yang diawali dengan penyampaian laporan hisab dan hasil rukyatul hilal yang disampaikan oleh direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Muhtar Ali akan ini dituangkan dalam Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 152 Tahun 2013 tentang Penetapan Tanggal 1 Syawal 1434 H.

Hal ini membenarkan apa yang selama ini diprediksikan banyak kalangan, bahwa 1 Syawal 1434 H akan jatuh pada hari kamis, 8 Agustus 2013, termasuk Ormas Muhammadiyah yang sudah sejak sebulan yang lalu telah menatapkan 1 Syawal akan jatuh pada 8 Agustus 2013.
Dengan demikian dapat dipastikan bahwa lebaran tahun ini akan serempak dirayakan oleh mayoritas umat muslim di Indonesia.

Masih mengenai hal yang sama, Masjid Babussalam Kuzazo sendiri kemarin malam, sesaat sebelum pelaksanaan sholat tarawih, telah mengumumkan kepada para jamaahnya bahwa sholat tarawih malam Rabu adalah sholat tarawih yang terakhir di Bulan Ramadhan. Mengingat permulaan tarawih dilaksanakan pada 8 Juli 2013, maka Ramadhan kali ini dilaksanakan genap menjadi 30 hari.

Adapun pelaksanaan Sholat Ied, seperti tahun-tahun sebelumnya, jika terdapat kesamaan dalam penetapan 1 Syawal, maka DKM Masjid Babussalam tidak mengadakan secara khusus dan pelaksanaannya akan ditempatkan di Lapangan Perse, bersama ribuan kaum muslimin lainnya. Adapun jika terjadi perbedaan, maka DKM Masjid Babussalam akan mengadakan sholat Ied di lokasi seputar masjid.

Akhirnya, atas nama DKM Masjid Babussalam Kuzazo beserta jamaah mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri, Taqabbalallahu Minna wa Minkum.



Sumber gambar: sumut.kemenag.go.id





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar