Kamis, 01 Agustus 2013

Insya Allah, 1 Syawal 1434 H Jatuh Pada Tanggal 8 Agustus 2013


Jumat ini merupakan Jumat terakhir di Bulan Ramadhan. Tak terasa, sudah 25 hari Ramadhan telah berlalu di tengah kita. Seperti yang sudah sudah, akhir Ramadhan selalu menyisakan pertanyaan dan kegundahan di hati umat; akankah lebaran (1 Syawal) dirayakan bersama-sama ataukah berbeda antara satu ormas Islam dengan yang lainnya ataupun pemerintah.

Muhammadiyah dengan konsep hisabnya telah jauh hari menetapkan 1 Syawal 1434 H jatuh pada hari Kamis, tepatnya tanggal 08 Agustus 2013. Ketetapan ini menyebabkan jumlah hari dan bulan Ramadhan genap menjadi 30 hari. Hal ini disebabkan ormas Islam terbesar kedua di tanah air ini telah memulai shaum pada tanggal 9 Juli 2013.

Berbeda halnya dengan Muhammadiyah, pemerintah dan sebagian besar ormas Islam lainnya, seperti yang dikutip dari kemenag.go.id, belum menetapkan kapan jatuhnya 1 Syawal 1434 H, namun hanya memperkirakan itu akan terjadi pada tanggal 8 Agustus 2013. Kepastian jatuhnya 1 Syawal akan ditetapkan pada tanggal 8 Agustus 2013. “Sidang itsbat akan dilaksanakan 7 Agustus, semua ormas Islam kita undang,” Kata Wamenag kepada wartawan pada acara buka puasa bersama di kediamannya, Jalan Ampera I No. 10, Jakarta Selatan, Selasa (30/07) sore. Hadir Duta Besar Arab Saudi Mustafa bin Ibrahim Al Mubarak, para pejabat eselon I, II, dan III Kementerian Agama, serta beberapa direktur BUMN.

Lebih lanjut Wamenag mengatakan, jika didasarkan pada perhitungan hisab, pada hari pelaksanaan rukyatul hilal atau hari Rabu senja tanggal 7 Agustus 2013, posisi hilal berada di atas 2 derajat. Sesuai pengalaman tahun-tahun yang lalu, apabila hilal di atas 2 derajat, maka hilal atau bulan baru dimungkinkan akan bisa disaksikan atau imkanur rukyat. “Kecuali jika pada hari itu seluruh lokasi pemantauan hilal di Tanah Air terhalang mendung,” ujarnya.

Semoga saja apa yang dikatakan oleh Wamenag bisa terwujudnya, sehingga 1 Syawal bisa dipastikan jatuh pada tanggal 8 Agustus 2013. Jika ini terjadi, tentu sangat berarti bagi syiar Islam, kenikmatan bersilahturahmi akan semakin terasa indah dan harmonis.

Di Ende sendiri, salah seorang sumber di Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kab. Ende mengatakan pihak PHBI telah menyiapkan segala sesuatu seputar pelaksanaan Sholat Ied 1434 H yang akan berlangsung pada hari Kamis 8 Agustus 2013. Pelaksanaan Sholat Ied, seperti tahun-tahun sebelumnya untuk masyarakat kota masih dipusatkan di Lapangan Perse Ende. Lebih lanjut, sumber tadi menyatakan akan ada pawai takbir di malam lebaran dengan rute menglilingi kota Ende.

 “Kita berharap lebaran bareng, sehingga lebih menguatkan ukhuwah Islamiyah,” ujar Wamenag. Amin, Semoga!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar