Kamis, 18 Juli 2013

HalalGoogling; Satu Lagi Search Engine Halal Diluncurkan Ramadhan Tahun ini


Alhamdulillah, satu mesin pencarian (search engine) halal kembali diluncurkan di Ramadhan tahun ini. Express Tribune melaporkan Selasa (9/7/2013), seperti yang dikutip arrahmah.com, sebuah search engine Islami yang memblokir konten ‘haram’ baru saja diluncurkan. Mesin pencari bernama Halalgoogling ini diklaim aman dan melindungi pengguna dari konten negatif.

Halalgoogling memberikan hasil pencarian dari Google dan Bing, namun kemudian menyaringnya berdasarkan kategori boleh dan tidak sesuai aturan Islam. Sistem filter khusus pada mesin pencarian ini akan menyingkirkan konten seperti pornografi, semua hal yang bersifat ketelanjangan, perjudian, konten anti Islam dan konten negatif lainnya. “Sistem ini dirancang untuk menghormati budaya Muslim,” demikian tulis laporan tersebut.

Halalgoogling saat ini masih dalam versi beta dan masih akan terus dikembangkan dan diperbarui fungsinya sehingga memenuhi kebutuhan berinternet yang aman. Halalgoogling bukan satu-satunya mesin pencarian Islami yang ada. Sebelumnya, pernah juga diluncurkan ImHalal.

Sama seperti Halalgoogling, ImHalal akan menyaring konten sehingga hanya akan menampilkan pencarian yang bebas dari hal-hal berbau mesum dan negatif.

Keduanya juga sama-sama dirilis pada bulan Ramadhan. Agaknya, Ramadan dianggap waktu yang tepat bagi peluncuran mesin pencari baru berbau Islami. Sesuai namanya, dua mesin pencarian ini diklaim ‘halal’ bagi para peselancar dunia maya yang menganut ajaran Islam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar